Register
dan Pencacah (Counter)
Pada
bab sebelumnya kita telah mengenal berbagai macam rangkaian sekuensial
khususnya flip-flop. Dimana flip flop yang telah kita bahas sebelumnya
dibedakan menjadi 4 yang terdiri dari: Set-Reset Flip Flop, D Flip Flop, Toggle
Flip Flop dan JK Flip Flop. Pada bahasan ini kita akan membahas tentang
register dan counter dimana keduanya masih memiliki hubungan dengan penggunaan
flip flop.
A.)
Register
Pengertian dari
register itu sendiri, register adalah sekumpulan sel-sel yang dapat menyimpan
informasi dalam bentuk biner. Dalam penggunaannya sendiri, register sering
digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data biner. Pada penerapannya dalam
komputer sendiri, register juga digunakan untuk pergerakan data pada proses
operasi komputer.
Berikut ini adalah contoh-contoh register:
Register 4 bit dengan menggunakan D-FFKeterangan: Input D3D2D1D0 akan ditransfer ke output A3A2A1A0 pada saat pulsa clock CP naik.
Register 4 bit dengan menggunakan D-FF dan Clear
Keterangan: Input clear = 0 membuat semua bit output = 0
Register 4 Bit dengan Parallel Load
Keterangan:
Pada saat clock naik:
Bila Load=0, output akan sama dengan nilai sebelumnya. Bila Load=1 maka data input akan ditransfer ke output
Register Geser 4 Bit
Keterangan: Setiap pulsa clock, bit-bit input akan bergeser ke
kanan
Penambahan Serial
Register Geser Universal
B.) Counter
Nama lain dari counter
ialah pencacah. Pencacah (counter) adalah register yang menunjukkan urutan
tertentu yang perubahannya mengikuti pulsa-pulsa input. Sesuai dengan namanya
counter atau pencacah berfungsi untuk mencacah.
Pencacah atau counter
sendiri dibedakan menjadi 2. Yang pertama adalah pencacah asinkron dan yang
kedua adalah pencacah sinkron. Pencacah Asinkron sering disebut dengan Ripple
Counter.
Contoh:
Pencacah Asinkron 4 Bit
Pencacah Sinkron 3 Bit
Pencacah Biner dengan
Parallel Load
Dua Bentuk Implementasi
Pencacah BCD dengan Load Parallel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar